Articles Comments

Chinese Food » Fried Rice, Rice, Poultry » Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam Hainan

Nasi Ayam HainanBahan untuk membuat Nasi Ayam Hainan:

  • 1 ekor ayam berlemak  (± 1kg)
  • 2 cangkir kaldu ayam
  • 150g beras
  • 1 sdt bawang putih cincang
  • 1 sdt jahe cincang
  • 1 sdt bawang merah cincang
  • 1 sdt minyak wijen

 

Bumbu untuk ayam:

  • 3 sdt garam
  • 2 sdt minyak wijen
  • 1 st gula

 

Bahan untuk celupan Nasi Ayam Hainan:

  • 1 tangkai daun bawang (potong halus)
  • 2 sdt jahe cincang
  • ½ sdt bubuk ayam
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt minyak wijen

 

Cara membuat Nasi Ayam Hainan:

  1. Cuci bersih beras. Panaskan 1 sdm minyak dan minyak wijen. Tumis bawang putih, jahe dan bawang merah sampai wangi. Masukkan beras. Aduk sampai wangi. Tuangkan beras ke dalam rice cooker. Masukkan kaldu ayam. Masak menjadi nasi ayam.
  2. Bumbui ayam (dalam dan luar). Biarkan selama 30 menit. Masukkan dalam air mendidih dan rebus di atas api kecil sampai matang. Tiriskan. Biarkan hangat. Potong-potong.
  3. Campur rata bahan celupan. Sajikan dengan nasi dan ayam.

 Nasi Ayam Hainan

Tips: waktu merebus ayam, tusuk daging ayam dengan jarum besi, ayam sudah matang jika tidak ada air berdarah keluar, dan jangan terlalu banyak air waktu merebusnya.


Warning: Illegal string offset 'social' in /home/resepch1/public_html/wp-content/themes/cover-wp/single.php on line 27

Warning: Illegal string offset 'author' in /home/resepch1/public_html/wp-content/themes/cover-wp/single.php on line 28

Filed under: Fried Rice, Rice, Poultry · Tags: ,

18 Responses to "Nasi Ayam Hainan"

  1. marsudiyanto says:

    Tadi sempat saya kira Nasi Ayam Mainan… :D

    1. admin says:

      pak Mars memang anti biasa. :mrgreen:

  2. asli ini pasti enak banget :)

    1. admin says:

      iya, kang. :)

  3. makanan buat akhir pekan ya mba??

    izin save resepnya mba..^-^

    1. admin says:

      buat kapan saja bisa mbak. :)
      silahkan…

  4. Dani says:

    Waaaah.. makasih ya mba udah disharing cara bikin nasinya ini.. :D

    1. admin says:

      sama2 mas… :)

  5. Ely Meyer says:

    dr dulu sampai sekarang pengen nyoba resep ini ngak jadi jadi dan sekarang aku lapar lihat foto di atas, belum sarapan sih :P

    1. admin says:

      semoga suatu saat bisa nyoba resepnya ya mbak. :)

  6. vmediakom says:

    Wah siapa yang mau masakin saya :)
    pasti enak nih, jadi ngiler…

    1. admin says:

      masak sendiri gih…

  7. penasaran seperti apa rasanya. jadi keinget ibu saya kalo masak nasi suka pake daging. :)

    1. admin says:

      linknya kok nggak bisa dibuka ya?
      nggak bisa berkunjung balik nih. :)

  8. Kalau nasi ayam seperti ini aku jadi ingat orang tuaku yang juga pandai masak nasi ayam.

    Sukses selalu
    Salam Wisata,

    1. admin says:

      Terimakasih…
      sukses juga buat anda… :)

  9. ade indriawan says:

    mbak, ini buat berapa porsi? ayamnya banyak banget soalnya. kalo bikin seporsi ayamnya berapa banyak?

    1. admin says:

      untuk 2 porsi.

Leave a Reply

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>